ILMU KOMPUTER

Minggu, 29 Juli 2012

AUDIT DAN PEMELIHARAAN KEAMANAN JARINGAN





1.      Preventing
Preventing dilakukan untuk mencegah terhadap serangan yang membuka jaringan. Tool yang biasa digunakan untuk melakukan preventing ini adalah firewall.

2.      Scanning Virus
Untuk menghindari kerusakan sistem yang fatal yang disebabkan oleh virus yang ada, maka perlu diadakan scanning virus dengan menggunakan antivirus. Setiap saat virus akan berkembang sehingga kita perlu mengupdate antivirus yang kita punya.

3.      Monitoring
Monitoring dilakukan guna melihat traffic yang terjadi pada jaringan. Dengan monitoring kita bisa mengetahui apakah terjadi traffic yang tidak seperti biasa, karena apabila ada serangan pada sistem maka biasanya traffic akan langsung melonjak tingkat kesibukannya.

4.      Detecting
Detecting dilakukan untuk menditeksi apakah usaha ataupun serangan yang bertujuan merusak sistem jaringan. Tool yang bisa digunakan untuk melakukan deteksi ini yaitu IDS.

5.      Backup
Mengapa kita perlu mengadakan backup? Apabila sesuatu terjadi error pada sistem kita yang memang sudah fatasl maka kita diwajibkan untuk melakukan configurasi ulang atau restore. Untuk menghindari configurasi ulang yang membutuhkan waktu yang tidak singkat maka diadakan backup secara berkala (rutin). Sehingga apabila terjadi error tadi maka kita hanya perlu me-restore keadaan semula dengan menggunakan backup tadi.

Tidak ada komentar: